Hampir semua orang pastinya pernah mengalami masalah kulit yaitu jerawat, sebuah kondisi dimana pori-pori tersumbat oleh kotoran dan dihinggapi oleh bakteri dan menyebabkan munculnya ruam bahkan disertai dengan peradangan hingga terkadang keluarnya nanah. Bahkan tak jarang jerawat ini muncul dalam jumlah yang cukup banyak dan ukuran besar-besar sehingga sangat mengganggu tampilan. Bahkan banyak diantaranya yang mengalami penurunan rasa percaya diri disebabkan oleh kondisi kulit yang berjerawat tersebut.

Tak heran jika seandainya di pasaran ada banyak sekali produk-produk kosmetik atau bahkan obat-obatan yang ditawarkan hanya untuk mengatasi masalah jerawat ini. Hanya saja memang mengobati jerawat tidak semudah yang dibayangkan, membutuhkan waktu yang cukup lama sampai sembuh bahkan juga menghilangkan bekas-bekasnya, bahkan tidak jarang akan muncul jerawat yang baru di kulit sebelum jerawat lama menghilang, tentunya sangat mengganggu bukan.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya jerawat ini sendiri muncul dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru tidak Anda sadari, berikut ini diantaranya:
  1. Sering memegang wajah dengan tangan yang kotor, beberapa orang pastinya memiliki kebiasaan buruk semacam ini, yaitu sering kali memegang wajah tanpa alasan, tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Padahal tangan ini meskipun terlihat bersih, namun sebenarnya mengandung jutaan kuman penyebab penyakit, diantaranya adalah bakteri yang dapat memicu jerawat.
  2. Malas mencuci rambut, mungkin banyak yang bertanya-tanya apa hubungan antara rambut dengan jerawat, pastinya ada, ketika rambut kotor maka kotoran yang menempel pada batangnya tersebut juga berpotensi untuk menempel di kulit wajah, apalagi yang terbiasa dengan model rambut berponi. Hal ini juga dapat memicu munculnya jerawat tanpa Anda sadari.
  3. Terlalu sering mencuci muka dan melakukan eksfoliasi kulit wajah, meskipun pada dasarnya mencuci muka adalah hal wajib yang harus dilakukan untuk membuat kulit tetap bersih, namun dengan terlalu sering melakukannya juga rentan menyebabkan kulit menjadi iritasi dan muncul jerawat, begitu juga dengan eksfoliasi, kegiatan ini ditujukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, jika terlalu sering dilakukan akan membuat kulit semakin tipis dan sensitif.
  4. Tidak pernah mencuci alat make up, brush kemudian juga ada beauty blend hingga spons bedak, meskipun terlihat bersih, namun tidak dengan bagian dalamnya, alat-alat semacam inilah yang paling rentan membawa berbagai jenis bakteri penyebab jerawat, paling tidak cuci seminggu sekali, jika ingin kondisinya tetap bersih.
  5. Jarang mencuci sarung bantal dan juga handuk, sarana yang digunakan untuk tidur ini sering kali menempel pada wajah, ketika tidak pernah dicuci sudah pasti akan digunakan oleh bakteri penyebab jerawat untuk bersarang, sehingga membuat wajah juga mudah terjangkit jerawat, begitu juga dengan handuk yang dipakai untuk mengelap muka.
  6. Mengkonsumsi makanan yang manis dan juga berlemak, jarang yang tau bahwa sebenarnya jerawat juga dapat muncul dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, pola makan sembarangan seperti diantaranya adalah senang mengkonsumsi makanan manis, makanan yang berlemak atau berminyak, kemudian juga produk-produk susu. Hal ini dapat meningkatkan reaksi pertumbuhan sebum, sehingga memicu jerawat, tak hanya di kulit wajah saja melainkan juga bagian tubuh lain seperti punggung.
Jadi mulai sekarang hendaknya perhatikan beberapa hal di atas dan mulai hindari jika tidak ingin terjangkit jerawat. Faktor lainnya yang paling sering memicu masalah kulit wajah satu ini adalah penggunaan produk kosmetik yang berbahaya.