8 Fakta Unik SBMPTN 2016 yang Harus Kamu Tahu - OkeDisini

Announcement

Collapse
No announcement yet.

8 Fakta Unik SBMPTN 2016 yang Harus Kamu Tahu

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • 8 Fakta Unik SBMPTN 2016 yang Harus Kamu Tahu

    Jakarta Para calon mahasiswa hari Selasa (31/5) sedang berjuang mengikuti ujian tertulis, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, SBMPTN ini memang diadakan tahunan. Setiap tahunnya, seleksi masuk perguruan tinggi ini sangat diminati ratusan ribu calon mahasiswa dan juga alumni SMA yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Meski bukan satu-satunya jalur untuk masuk ke PTN, SBMPTN ini menjadi incaran sebagian besar calon mahasiswa. Selain terkenal susah buat lulus, sebagian besar calon mahasiswa merasa bangga jika berhasil lolos dan diterima di kampus favorit lewat jalur SBMPTN. Nah, kali ini Bintang.com berhasil mengumpulkan beberapa fakta unik seputar SBMPTN yang diambil dari berbagai sumber.
    1. Ujian ini menggunakan sistem paper based test (PBT) dan juga computer based test (CBT). Peserta SBMPTN CBT akan mendapat tambahan waktu 15 menit untuk latihan sistem dan memeriksa apakah aplikasi berjalan dengan baik.
    2. Sistem CBT ini, ternyata dulu pernah digunakan untuk Ujian Nasional (UN). Uji coba itu berhasil. Kini, pemerintah mengadopsi sistem tersebut dan diterapkan pada SBMPTN.
    3. Hari ini, Selasa (31/5), para peserta akan mengikut serangkaian tes. Ada Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dan/atau TKD Soshum.
    4. Tes masih akan berlanjut bagi mereka yang memilih program sudi (prodi) Seni dan Olahraga. Mereka harus melakukan ujian keterampilan pada 1 dan/atau 2 Juni mendatang.
    5. Mengerjakan soal ujian biasa akan terasa berbeda saat mengerjakan soal SBMPTN. Kalau ujian biasa saat kenaikan kelas, kamu boleh mengisi semua soal yang tertera, meskipun kamu tidak tahu jawabannya. Yang penting diisi. Tapi kalau SBMPTN, jangan coba-coba, deh! Pasalnya, peserta akan mendapat nilai +4 kalau jawabannya benar. Tapi kamu bakal dapat -1 kalau salah. Nah, kalau kamu tidak mengisi soal, nilainya nol (0).
    6. Tahun ini, panitia SBMPTN menyediakan 99.223 kursi di kampus-kampus negeri. Tapi ini hanya kuota awal. Angka ini bisa bertambah untuk meningkatkan peluang para calon mahasiswa.
    7. Hasil ujian ini bakal diumumkan lewat laman resmi SBMPTN. Artinya, pengumuman lulus atau tidaknya kamu akan dilakukan secara online. Pengumuman ini akan dilakukan pada 28 Juni mendatang.
    8. Jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini ternyata meningkat. Tahun lalu, dilansir dari salah satu media nasional, ada 693.185. Peserta yang mendaftar jalur ini. Sedangkan tahun ini meningkat menjadi 721.314.
    9. Bukan cuma pesertanya yang bertambah, tapi juga PTN-nya. Tahun lalu, ada 74 PTN yang berpartisipasi pada SBMPTN. Sementara tahun ini, ada 79 PTN.
    10. Tapi sayang, kuota menurun dibandingkan dengan tahu lalu. Tahun lalu, panitia menyediakan kursi 115.788 di 74 PTN. Sekarang, cuma 99.223 kursi yang tersebar di 78 PTN.

  • #2
    padahal lulus SBMPTN gak menjamin kamu lulus di hatinya

    eaaaa

    Comment


    • #3
      udh nggak ikut yg kayak ginian

      Comment


      • #4
        Infromasinya sangat bermanfaat sekali, kira-kira sama gak ya SBMPTN tahun sekarang atau tahu gak kalo mau ikut SIMAK UI. Soalnya pengen banget masuk perguruan negeri nih.
        Les Matematika Akong menyediakan pengajar yang profesional untuk mengajarkan anak Anda mengikuti tes SIMAK UI

        Comment

        Post Reply
        Working...
        X